Hukum dan Pengertian Puasa Hari Kelahiran Menurut Ajaran Islam

penjelasan serta hukum puasa weton dalam agama

 

Pengertian serta hukum puasa hari lahir kita menurut ajaran Islam. Ada orang teman akrab menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa weton untuk mengingati hari lahir menurut agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak selainnya apakah bisa mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita bakal mengulas hukum dari puasa hari lahir dalam agama Islam. Diluar itu kita akan mengulas bagaimana cara melaksanakannya. Tapi awalnya lebih dahulu kita perlu mengenal pemahaman dari puasa weton ini.

Arti Puasa Hari Kelahiran

Puasa weton yakni tipe puasa Jawa yang bukanlah puasa harus ataupun sunnah. Islam tak mengenali puasa hari lahir sendiri atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk peringati hari lahir seorang.

Diluar itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai arah lain adalah untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang miliki pembawaan dan watak menurut hari lahir kita.

Cara Lakukan Puasa Weton Wedal

Cara melaksanakan puasa hari lahir kita atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali mulai sejak hari lahir Anda. Semisalnya Anda lahir di Senin Wage karenanya berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing buat yang ingin melakukan puasa weton direkomendasikan minum dan makan lebih dahulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka pada waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa menggunakan apa tak seperti puasa mutih yang cuman dibolehkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara jam 6 dan 7.

Tidak hanya itu Anda bisa juga meningkatkan pekerjaan dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya untuk menyingkirkan pembawaan serta watak jelek yang ada di dalam diri kita.

Cara Puasa Weton Hari Lahir Pandangan Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari lahir merupakan jangan ditangani bila dilaksanakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukan beberapa macam puasa mesti dan sunnah.

Pengertian serta hukum puasa hari kelahiran pandangan Islam sangatlah berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa penting atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan seterusnya sebagai beribadah puasa sunnah buat meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait cara serta penjelasan puasa hari lahir menurut pandangan agama yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami