Pengertian serta Cara Puasa Hari Lahir Menurut Islam

pengertian puasa weton dalam agama

 

Pengertian serta hukum puasa weton hari lahir dalam Islam. Ada seorang teman akrab menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari lahir sendiri untuk mengingati hari lahir dalam agama Islam? Apa tipe puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada disamping apa bisa mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita bakal mengupas hukum puasa hari lahir sendiri dalam agama Islam. Terkecuali itu kita akan mengupas bagaimana cara menjalankannya. Tetapi awalannya terlebih dulu kita butuh mengenali artian dari puasa weton ini.

Artian Puasa Weton

Puasa hari lahir sendiri yaitu type puasa Jawa yang bukan puasa mesti ataupun sunnah. Islam tidak mengetahui puasa hari kelahiran atau yang di kenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk peringati hari lahir seorang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai maksud lain adalah untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang punyai pembawaan dan watak berdasar hari lahir.

Cara Melaksanakan Puasa Weton Wedal

Cara melaksanakan puasa hari kelahiran kita atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam mulai mulai sejak hari lahir Anda. Misalkan Anda lahir di Senin Wage karena itu berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang mau melaksanakan puasa weton disarankan minum serta makan lebih dulu dalam jarak waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Kemudian start jam malam kita berpuasa sepanjang 23 jam serta buka pada waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa makan apa tak seperti puasa mutih yang cuma diijinkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara waktu 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda dapat pula meningkatkan pekerjaan dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang arahnya yaitu untuk melenyapkan pembawaan serta watak jelek yang ada di dalam diri pribadi.

Pengertian serta Hukum Puasa Weton Menurut Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari kelahiran yakni jangan ditangani kalau dijalankan untuk berharap ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukan sejumlah macam puasa penting serta sunnah.

Penjelasan serta hukum puasa hari lahir sendiri dalam Islam benar-benar berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa mesti maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan seterusnya sebagai beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait cara serta pengertian puasa weton menurut agama yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami