Cara dan Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Menurut Pandangan Agama

pengertian puasa weton dalam agama

 

Cara serta penjelasan puasa hari lahir menurut ajaran Islam. Ada seorang teman baik menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa hari lahir kita untuk mengingati hari lahir menurut agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak selainnya bolehkah mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Hari Lahir

Di sini kita akan mengulas hukum puasa weton menurut agama Islam. Tidak hanya itu kita juga membicarakan bagaimana cara melakukannya. Tapi awalnya lebih dulu kita perlu mengenali pemahaman dari puasa weton ini.

Arti dari Puasa Hari Lahir

Puasa hari lahir merupakan type puasa Jawa yang bukan puasa harus atau sunnah. Islam tak mengetahui puasa weton atau yang di kenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan buat peringati hari lahir satu orang.

Disamping itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang mempunyai maksud lain adalah untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang miliki karakter serta watak berdasar pada hari kelahiran.

Cara Melakukan Puasa Weton

Cara lakukan puasa hari lahir sendiri atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali sejak mulai hari lahir Anda. Semisalnya Anda lahir pada Senin Wage jadi berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing buat yang pengin melakukan puasa weton disarankan minum dan makan terlebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Seterusnya start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka pada jam 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa menggunakan apa tak seperti puasa mutih yang cuman diizinkan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara jam 6 dan 7.

Terkecuali itu Anda bisa juga menambahkan kesibukan dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang arahnya ialah untuk menyingkirkan pembawaan serta kepribadian jelek yang ada pada diri kita.

Cara dan Penjelasan Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton merupakan jangan diselesaikan seandainya dilaksanakan buat berharap ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukan jenis-jenis puasa penting dan sunnah.

Penjelasan dan hukum puasa hari lahir pandangan agama sangatlah tidak serupa dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa penting atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan lain-lain yang disebut beribadah puasa sunnah buat memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait penjelasan puasa hari lahir sendiri dalam agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami