Penjelasan Puasa Hari Lahir Menurut Pandangan Agama Islam

cara puasa weton hari lahir dalam Islam

 

Pengertian serta cara puasa weton hari lahir dalam agama Islam. Ada seorang kawan dekat menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari kelahiran buat peringati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak disamping bolehkah mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Weton

Di sini kita dapat mengkaji hukum dari puasa hari kelahiran menurut pandangan agama Islam. Diluar itu kita akan juga membicarakan bagaimana cara melaksanakannya. Tetapi awalannya lebih dulu kita penting mengerti pemahaman dari puasa weton ini.

Arti Puasa Weton

Puasa hari kelahiran ialah macam puasa Jawa yang bukan puasa mesti ataupun sunnah. Islam tidak kenal puasa hari kelahiran atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan buat mengingati hari lahir satu orang.

Disamping itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang miliki arah lain adalah untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing lantaran menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punya karakter dan watak berdasar pada weton.

Cara Melaksanakan Puasa Weton

Cara lakukan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali sejak mulai hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang mau melakukan puasa weton disarankan minum dan makan lebih dahulu dalam kisaran waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Seterusnya start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka di jam 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa makan apa tidak seperti puasa mutih yang cuma dibolehkan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Disamping itu Anda dapat juga memperbanyak aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang arahnya yaitu untuk menyingkirkan pembawaan dan kepribadian jelek yang ada di dalam diri kita sendiri.

Hukum Puasa Hari Kelahiran Menurut Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton yakni jangan dilakukan jika dikerjakan buat mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukan beberapa macam puasa harus serta sunnah.

Penjelasan puasa hari lahir dalam Islam sangatlah tidak sama dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar sebagai puasa harus atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll sebagai beribadah puasa sunnah buat memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan cara puasa weton hari lahir pandangan agama yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami