Ketahui Hadits Perihal Batasan Busana Wanita

Hadits terkait batasan busana perempuan

 

Hadis mengenai batasan pakaian wanita. Baik wanita dan lelaki punya batasan auratnya semasing. Batasan aurat ini yakni seberapa jauh anggota badan mereka bisa dimunculkan ke musuh type yang bukan muhrimnya.

Tentang hal perempuan punya batasan aurat yang semakin berkurang hingga tidaklah heran apabila mereka sering gunakan pakaian yang lebih tertutup ketimbang lelaki sewaktu keluar dari rumah. Tapi kemungkinan masihlah banyak muslimah yang masih belum mengenal batasan dalam kenakan pakaian.

Meskipun sebenarnya batasan memakai pakaian begitu banyak dikupas di ayat Alquran atau hadits shahih. Terdapat banyak saran terang dari Allah SWT ataupun sabda Nabi Muhammad terkait bagaimana harusnya perempuan kenakan pakaian di saat di luar.

Karenanya di saat yang bagus ini kami dapat memberikan daftar himpunan hadits shahih mengenai batasan pakaian perempuan. Anda dapat mengkaji lengkapnya di ulasan berikut ini.

Kelompok Hadits Terkait Batasan Pakaian Wanita

Di bawah ini adalah sekumpulan daftar hadits shahih terkait batasan pakaian perempuan. Baca dengan bahasa Arab, latin, serta terjemahan Indonesia komplet.

1. Abu Dawud

قَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلاَّ هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ

Artinya:
Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita, apabila telah balig (mengalami haid), tidak layak tampak dari tubuhnya kecuali ini dan ini (seraya menunjuk muka dan telapak tangannya). (HR Abu Dawud).

2. Muslim

قَالَتْ أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ وَالأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ إِحْدَانَا لاَ يَكُونُ لَهَا جِلْبَابٌ قَالَ لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا

Artinya:
Kami, para wanita, diperintahkan oleh Rasulullah untuk keluar pada saat Idul Fitri dan Idul Adha, baik para gadis, wanita yang sedang haid, maupun gadis-gadis pingitan. Wanita yang sedang haid diperintahkan meninggalkan shalat serta menyaksikan kebaikan dan dakwah (syiar) kaum Muslim. Aku bertanya, “ Ya Rasulullah, salah seorang di antara kami ada yang tidak memiliki jilbab. Rasulullah saw. bersabda: Hendaklah saudaranya meminjamkan jilbabnya.” (HR Muslim).

Rangkuman

Begitu pengkajian singkat berkenaan hadits perihal batasan pakaian wanita, hadits mengenai batasan pakaian perempuan komplet dengan makna, hadits terkait batasan pakaian wanita serta makna, hadits mengenai batasan pakaian wanita komplet maknanya, hadits mengenai batasan pakaian perempuan komplet, tulislah hadits mengenai batasan pakaian wanita komplet dengan maknanya, satu diantaranya hadits perihal batasan pakaian wanita, tulis hadits perihal batasan pakaian perempuan komplet dengan maknanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami