Penjelasan dan Hukum Puasa Weton Menurut Pandangan Agama Islam

penjelasan dan cara puasa hari lahir dalam agama Islam

 

Pengertian dan hukum puasa hari lahir menurut Islam. Ada seorang kawan akrab menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari lahir sendiri buat mengingati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa model puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada disamping apa bisa mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita dapat mengulas hukum puasa hari kelahiran sendiri menurut pandangan agama Islam. Terkecuali itu kita juga membicarakan bagaimana cara menjalankannya. Tapi awalnya lebih dulu kita penting mengenali penjelasan dari puasa weton ini.

Pemahaman Puasa Weton

Puasa hari lahir sendiri merupakan type puasa Jawa yang bukan puasa harus atau sunnah. Islam tidak kenal puasa hari kelahiran atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan untuk mengingati hari lahir seorang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang punya maksud lain untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punya pembawaan dan kepribadian berdasar pada weton.

Cara Kerjakan Puasa Weton

Cara melaksanakan puasa weton atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam mulai sejak mulai hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir di Senin Wage karena itu berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang pengin melakukan puasa weton direkomendasikan minum dan makan lebih dahulu dalam kurun waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Seterusnya start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka di jam 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa konsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman dibolehkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara waktu 6 dan 7.

Tidak hanya itu Anda bisa pula meningkatkan kesibukan dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya ialah untuk hilangkan pembawaan dan watak jelek yang ada pada diri pribadi.

Penjelasan Puasa Weton Menurut Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari lahir kita yakni jangan ditangani jikalau dikerjakan buat mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah sejumlah macam puasa penting dan sunnah.

Pengertian serta cara puasa weton hari lahir dalam Islam begitu berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa penting atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll sebagai beribadah puasa sunnah buat menambahkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkenaan pengertian dan hukum puasa weton pandangan Islam yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami