Hukum serta Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Dalam Islam

pengertian puasa hari lahir pandangan agama Islam

 

Hukum puasa weton dalam agama. Ada seorang kawan baik menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa weton buat peringati hari lahir menurut agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada selainnya bolehkah mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Weton

Di sini kita bakal membicarakan hukum dari puasa hari kelahiran sendiri menurut agama Islam. Diluar itu kita akan mengupas bagaimana cara menjalankannya. Tetapi sebelumnya lebih dahulu kita penting mengerti pemahaman dari puasa weton ini.

Artian dari Puasa Hari Lahir Sendiri

Puasa hari lahir yakni macam puasa Jawa yang bukan puasa harus ataupun sunnah. Islam tidak kenal puasa hari lahir sendiri atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan untuk peringati hari lahir seorang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya arah lain adalah untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang miliki karakter serta kepribadian berdasar pada hari kelahiran.

Cara Melaksanakan Puasa Weton Wedal

Cara melakukan puasa weton atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam mulai sejak mulai hari lahir Anda. Contohnya Anda lahir pada Senin Wage karena itu berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing untuk yang pengin kerjakan puasa weton disarankan minum dan makan lebih dulu dalam kisaran waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Selanjutnya start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka pada jam 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa memakai apa tak seperti puasa mutih yang cuman dibolehkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Tidak hanya itu Anda dapat pula memperbanyak aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya ialah untuk menyingkirkan karakter serta watak jelek yang ada di dalam diri kita.

Penjelasan dan Cara Puasa Weton Hari Lahir Menurut Pandangan Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton ialah jangan dijalankan kalau dilaksanakan buat ingin ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa mesti dan sunnah.

Pengertian dan cara puasa weton hari lahir dalam agama begitu berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar sebagai puasa harus maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan seterusnya yang disebut beribadah puasa sunnah untuk menambahkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait hukum dan pengertian puasa weton dalam Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami