Pengertian Puasa Hari Lahir Menurut Ajaran Agama Islam

penjelasan serta hukum puasa weton hari lahir dalam Islam

 

Pengertian serta cara puasa weton hari lahir dalam Islam. Ada seseorang teman baik menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari kelahiran sendiri buat peringati hari lahir dalam agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada disamping apakah bisa mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita akan mengupas hukum dari puasa weton menurut pandangan agama Islam. Diluar itu kita akan membicarakan bagaimana cara melakukannya. Tapi awalannya lebih dahulu kita penting ketahui pemahaman dari puasa weton ini.

Arti dari Puasa Hari Kelahiran

Puasa weton merupakan macam puasa Jawa yang bukan puasa mesti ataupun sunnah. Islam tidak mengenali puasa hari lahir atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk peringati hari lahir satu orang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya arah lain adalah untuk melenyapkan semua keburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punyai pembawaan serta sifat berdasar hari kelahiran.

Cara Kerjakan Puasa Weton

Cara kerjakan puasa hari kelahiran sendiri atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali semenjak hari lahir Anda. Contohnya Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing untuk yang pengin kerjakan puasa weton direkomendasikan minum dan makan terlebih dulu dalam jarak waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Sesudah itu start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam serta buka di waktu 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengkonsumsi apa tak seperti puasa mutih yang cuma diizinkan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara waktu 6 serta 7.

Diluar itu Anda bisa juga menambahkan aktivitas dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya untuk hilangkan karakter serta watak jelek yang ada di dalam diri kita sendiri.

Cara dan Pengertian Puasa Weton Hari Lahir Menurut Ajaran Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton yakni jangan ditangani jika dilaksanakan buat ingin ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah beberapa macam puasa mesti serta sunnah.

Cara puasa weton dalam agama benar-benar tidak serupa dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar sebagai puasa harus maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb sebagai beribadah puasa sunnah untuk memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan perihal cara puasa weton pandangan agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami