Pengertian dan Cara Puasa Weton Dalam Agama

hukum puasa hari lahir kita menurut ajaran Islam

 

Penjelasan puasa weton menurut pandangan Islam. Ada orang teman akrab menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa weton untuk mengingati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil kecuali apakah bisa mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Hari Kelahiran

Di sini kita bakal mengupas hukum dari puasa hari kelahiran menurut pandangan agama Islam. Disamping itu kita juga mengkaji bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi awalnya terlebih dulu kita penting ketahui artian dari puasa weton ini.

Artian dari Puasa Weton

Puasa hari kelahiran sendiri yaitu macam puasa Jawa yang bukanlah puasa harus ataupun sunnah. Islam tak kenal puasa hari kelahiran atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan buat mengingati hari lahir seorang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya arah lain ialah untuk menyingkirkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing lantaran menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang miliki pembawaan dan sifat berdasar pada hari lahir.

Cara Kerjakan Puasa Weton Wedal

Cara kerjakan puasa hari lahir kita atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali semenjak hari lahir Anda. Contohnya Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing untuk yang mau kerjakan puasa weton direkomendasikan minum dan makan terlebih dulu dalam kisaran waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start jam malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka di jam 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa menggunakan apa tidak seperti puasa mutih yang cuma dibolehkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 dan 7.

Diluar itu Anda bisa pula menambahkan kesibukan dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya untuk melenyapkan pembawaan serta watak jelek yang ada di dalam diri kita sendiri.

Cara serta Pengertian Puasa Weton Hari Lahir Menurut Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari lahir kita yakni jangan ditangani bila dijalankan untuk ingin ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukan jenis-jenis puasa mesti serta sunnah.

Cara serta pengertian puasa hari lahir menurut agama Islam sangatlah berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa harus atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan lain-lain yang disebut beribadah puasa sunnah buat memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan tentang cara puasa weton hari lahir menurut agama Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami