Penjelasan serta Hukum Puasa Weton Hari Lahir Dalam Agama Islam

hukum dan pengertian puasa hari lahir dalam Islam

 

Hukum dan pengertian puasa hari lahir dalam agama Islam. Ada seorang teman baik menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa hari kelahiran sendiri untuk peringati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil disamping apa bisa mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Hari Lahir

Di sini kita akan mengulas hukum puasa hari lahir kita dalam agama Islam. Tidak hanya itu kita juga mengkaji bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi awalnya lebih dulu kita butuh mengenali penjelasan dari puasa weton ini.

Artian Puasa Hari Kelahiran

Puasa hari kelahiran sendiri ialah macam puasa Jawa yang bukan puasa penting atau sunnah. Islam tak mengenali puasa hari kelahiran atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan buat mengingati hari lahir seorang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya maksud lain untuk melenyapkan semua keburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang punya karakter dan watak menurut weton.

Cara Kerjakan Puasa Hari Lahir Sendiri

Cara lakukan puasa hari lahir atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam mulai mulai sejak hari lahir Anda. Contohnya Anda lahir di Senin Wage jadi berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing untuk yang pengin kerjakan puasa weton direkomendasikan minum dan makan lebih dahulu dalam jarak waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Selanjutnya start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka pada jam 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengonsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diizinkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara jam 6 dan 7.

Tidak hanya itu Anda dapat juga meningkatkan kesibukan dengan bertapa semedi waktu malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya untuk hilangkan karakter serta sifat jelek yang ada pada diri kita.

Penjelasan dan Cara Puasa Hari Lahir Sendiri Menurut Ajaran Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa hari kelahiran kita yakni jangan diselesaikan jikalau dilaksanakan untuk ingin ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukan sejumlah macam puasa mesti dan sunnah.

Cara serta penjelasan puasa weton hari lahir pandangan agama amat berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan lain-lain yang disebut beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan perihal penjelasan serta hukum puasa weton hari lahir menurut ajaran agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami