Hukum dan Pengertian Puasa Weton Hari Lahir Dalam Agama

penjelasan serta hukum puasa weton menurut agama

 

Pengertian serta cara puasa weton menurut ajaran agama. Ada orang kawan dekat menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari lahir untuk peringati hari lahir dalam agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil kecuali apakah bisa mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Hari Lahir Sendiri

Di sini kita bakal membicarakan hukum puasa hari lahir sendiri pandangan agama Islam. Terkecuali itu kita akan mengupas bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi awalnya lebih dulu kita perlu mengenali artian dari puasa weton ini.

Penjelasan Puasa Weton

Puasa hari kelahiran yakni model puasa Jawa yang bukanlah puasa penting ataupun sunnah. Islam tak mengenali puasa hari kelahiran atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan untuk mengingati hari lahir seorang.

Disamping itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai arah lain adalah untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punyai pembawaan dan sifat berdasar pada hari lahir.

Cara Melaksanakan Puasa Hari Kelahiran

Cara kerjakan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali mulai sejak hari lahir Anda. Misalkan Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang mau melakukan puasa weton disarankan minum serta makan lebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Sesudah itu start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam serta buka di jam 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengkonsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diizinkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda bisa juga meningkatkan pekerjaan dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang arahnya yaitu untuk melenyapkan pembawaan serta watak jelek yang ada pada diri kita.

Penjelasan Puasa Hari Kelahiran Menurut Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari kelahiran merupakan jangan dilakukan kalau dilaksanakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukanlah sejumlah macam puasa mesti dan sunnah.

Hukum dan penjelasan puasa weton pandangan agama sangatlah berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb sebagai beribadah puasa sunnah untuk menambahkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait hukum serta penjelasan puasa hari lahir kita menurut agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami