Cara dan Penjelasan Puasa Weton Menurut Islam

cara dan penjelasan puasa weton menurut ajaran agama Islam

 

Hukum puasa weton menurut ajaran agama Islam. Ada orang teman baik menanyakan bagaimana sich hukum puasa weton buat mengingati hari lahir dalam agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak disamping apa bisa mengucapkan doa panjang usia peringati ulang tahun.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita akan membicarakan hukum dari puasa weton menurut pandangan agama Islam. Disamping itu kita akan juga mengkaji bagaimana cara melakukannya. Tetapi sebelumnya lebih dulu kita perlu mengerti pemahaman dari puasa weton ini.

Artian Puasa Hari Kelahiran

Puasa hari lahir yaitu model puasa Jawa yang bukanlah puasa harus ataupun sunnah. Islam tidak mengenali puasa hari lahir atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan buat mengingati hari lahir seorang.

Disamping itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang punya arah lain ialah untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang mempunyai pembawaan serta sifat berdasar pada weton.

Cara Lakukan Puasa Weton

Cara kerjakan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam mulai sejak mulai hari lahir Anda. Semisalnya Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, ialah di Minggu Pahing buat yang pengin melaksanakan puasa weton direkomendasikan minum serta makan lebih dahulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam serta buka pada waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa makan apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diizinkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara waktu 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda bisa pula memperbanyak pekerjaan dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya yaitu untuk melenyapkan pembawaan serta watak jelek yang ada di dalam diri kita.

Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Menurut Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton merupakan jangan dilakukan kalau dilaksanakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukan beberapa macam puasa harus serta sunnah.

Hukum serta pengertian puasa hari lahir menurut Islam sangatlah berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa mesti maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll yang disebut beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait cara puasa weton hari lahir menurut pandangan agama Islam yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami