Cara Puasa Hari Lahir Kita Dalam Agama Islam

cara serta penjelasan puasa weton menurut pandangan agama

 

Cara puasa weton menurut Islam. Ada seorang kawan akrab menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa hari lahir kita untuk peringati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa model puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada selainnya apakah bisa mengucapkan doa panjang usia peringati ulang tahun.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita akan membicarakan hukum puasa weton dalam agama Islam. Diluar itu kita akan juga mengupas bagaimana cara melaksanakannya. Akan tetapi awalnya lebih dahulu kita butuh mengenal artian dari puasa weton ini.

Arti Puasa Hari Lahir Sendiri

Puasa hari lahir kita merupakan model puasa Jawa yang bukanlah puasa harus atau sunnah. Islam tidak mengetahui puasa hari kelahiran atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk mengingati hari lahir satu orang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya maksud lain adalah untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang mempunyai karakter serta sifat berdasar hari lahir kita.

Cara Lakukan Puasa Hari Lahir Kita

Cara melaksanakan puasa hari kelahiran kita atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam mulai sejak mulai hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir di Senin Wage karenanya berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang mau melaksanakan puasa weton disarankan minum dan makan lebih dahulu dalam jarak waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Sesudah itu start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka pada waktu 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa memakai apa tidak seperti puasa mutih yang cuma dibolehkan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Tidak hanya itu Anda dapat juga menambahkan aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang arahnya ialah untuk hilangkan karakter serta sifat jelek yang ada pada diri kita.

Penjelasan serta Cara Puasa Weton Hari Lahir Menurut Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton yaitu jangan dijalankan kalau dilaksanakan buat berharap ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukanlah sejumlah macam puasa harus serta sunnah.

Hukum puasa weton menurut agama Islam amat tidak serupa dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb yang disebut beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan penjelasan dan hukum puasa hari lahir kita menurut Islam yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami