Cara Puasa Hari Kelahiran Menurut Agama

penjelasan serta hukum puasa weton menurut ajaran Islam

 

Pengertian puasa weton hari lahir dalam agama. Ada seseorang kawan akrab menanyakan bagaimana sich hukum puasa weton untuk mengingati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil kecuali apa boleh mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Hari Lahir Sendiri

Di sini kita akan mengupas hukum puasa hari kelahiran kita menurut agama Islam. Tidak hanya itu kita akan juga membicarakan bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi sebelumnya lebih dulu kita perlu ketahui artian dari puasa weton ini.

Arti Puasa Hari Lahir

Puasa weton yakni type puasa Jawa yang bukan puasa harus ataupun sunnah. Islam tidak mengenali puasa hari kelahiran atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk mengingati hari lahir seorang.

Disamping itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai maksud lain untuk melenyapkan semua keburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang miliki pembawaan serta watak berdasar weton.

Cara Melaksanakan Puasa Hari Lahir

Cara melaksanakan puasa hari lahir kita atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali mulai sejak hari lahir Anda. Misalkan Anda lahir pada Senin Wage jadi berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing untuk yang mau kerjakan puasa weton direkomendasikan minum serta makan lebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Kemudian start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka pada waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa menggunakan apa tak seperti puasa mutih yang cuman diijinkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Diluar itu Anda dapat menambahkan kesibukan dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 pagi hari yang arahnya ialah untuk menyingkirkan pembawaan serta kepribadian jelek yang ada pada diri kita sendiri.

Pengertian dan Cara Puasa Hari Kelahiran Dalam Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari lahir sendiri ialah jangan diselesaikan seandainya dilaksanakan buat mengharapkan ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukanlah beberapa macam puasa mesti dan sunnah.

Penjelasan puasa weton hari lahir menurut ajaran agama Islam benar-benar tidak serupa dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll yang disebut beribadah puasa sunnah buat meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan pengertian dan hukum puasa weton menurut agama yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami