Penjelasan Puasa Hari Kelahiran Pandangan Agama

penjelasan serta cara puasa weton hari lahir pandangan agama

 

Hukum serta pengertian puasa hari lahir dalam Islam. Ada seorang kawan baik menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari kelahiran kita untuk mengingati hari lahir dalam agama Islam? Apa tipe puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil kecuali apa bisa mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Hari Lahir

Di sini kita dapat mengulas hukum dari puasa hari lahir sendiri dalam agama Islam. Tidak hanya itu kita akan juga mengupas bagaimana cara menjalankannya. Tetapi sebelumnya lebih dahulu kita perlu ketahui artian dari puasa weton ini.

Penjelasan Puasa Weton

Puasa weton yakni tipe puasa Jawa yang bukan puasa mesti atau sunnah. Islam tidak mengetahui puasa weton atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan untuk mengingati hari lahir seorang.

Disamping itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya arah lain untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang punyai karakter serta sifat berdasar hari kelahiran.

Cara Melakukan Puasa Weton Wedal

Cara kerjakan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali semenjak hari lahir Anda. Contohnya Anda lahir di Senin Wage karena itu berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, ialah di Minggu Pahing buat yang mau melaksanakan puasa weton disarankan minum dan makan lebih dahulu dalam kisaran waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka di jam 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa memakai apa tak seperti puasa mutih yang cuman dibolehkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara waktu 6 dan 7.

Diluar itu Anda juga bisa menambahkan kesibukan dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang arahnya ialah untuk melenyapkan karakter serta watak jelek yang ada di dalam diri pribadi.

Cara serta Penjelasan Puasa Weton Menurut Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari kelahiran ialah jangan dijalankan seandainya dijalankan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukan jenis-jenis puasa mesti serta sunnah.

Pengertian puasa hari kelahiran menurut ajaran agama Islam amat berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa penting atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan lain-lain yang disebut beribadah puasa sunnah buat memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan hukum puasa hari lahir kita menurut ajaran agama Islam yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Rahasianya Membuat Kucing Gemuk Dan Sehat 100% Paten

Ketahui Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat Sangat Rekomendasi

Pahami Cara Bikin Kucing Gemuk Secara Alami